Jumat, 21 Juli 2017

5 Langkah Hindari Tertular Flu di Lingkungan Kerja



Flu merupakan salah satu penyakit yang paling mudah menular di kantor. Jika ada satu saja orang yang terinfeksi flu, lima orang lainnya berisiko mengalami infeksi flu juga.

Tertular flu dari teman kantor tentunya akan membuat produktivitas berkurang. Bahkan bisa jadi membuat Anda harus tidak masuk kerja karena harus beristirahat di rumah.

Tim Bugar alami merangkum beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari tertular flu di lingkungan kerja. Berikut 5 langkah yang dapat ditempuh:

1. Sering-sering cuci tangan


Tangan merupakan sarana perpindahan kuman paling besar, tak terkecuali virus flu. Teman kantor yang sedang flu bisa saja menularkan penyakitnya melalui jabat tangan, atau benda-benda lain yang sering disentuh seperti gagang pintu, sendok makan, atau gelas.

Oleh karena itu, sering-seringlah cuci tangan menggunakan sabun, terutama setelah dari kamar mandi atau setelah memegang benda-benda di atas.

2. Jaga jarak

Saat bersin, kuman dapat meluncur hingga 3 meter dan bertahan di udara selama 45 menit. Itulah sebabnya mengapa flu mudah sekali menular di lingkungan kerja.

Jika ada rekan kerja yang sedang flu, ada baiknya Anda menjaga jarak saat berbicara. Jangan lupa juga ingatkan teman yang sedang flu untuk menggunakan masker di kantor.

3. Jaga daya tahan tubuh

Melakukan langkah pencegahan di atas akan menjadi percuma jija Anda sendiri tidak menjaga daya tahan tubuh secara maksimal.

Perbanyak konsumsi sayur dan buah, makan makanan dengan gizi seimbang, kelola stres serta tidur yang cukup merupakan cara-cara menjaga daya tahan tubuh yang baik. Jika perlu, konsumsi vitamin dan mineral agar tubuh tetap bugar.

4. Vaksinasi flu

Vaksinasi influenza merupakan salah satu langkah pencegahan flu paling optimal. Dengan melakukan vaksinasi flu satu tahun sekali, risiko tertular flu berkurang hingga lebih dari 80 persen.
Namun sekali lagi, vaksinasi saja tidak cukup untuk mencegah penularan penyakit. Gaya hidup sehat (Istirahat cukup, nutrisi makanan cukup dan olahraga cukup) tetap harus dilakukan agar efek vaksinasi optimal. 


5. Memakai Masker


Memakai masker adalah pilihan terakhir dalam mengambil tindakan, tetapi lebih disarankan memakai masker apabila anda sendiri yang sedang flu, sehingga virus penyakit tidak semakin tersebar.

Demikian, rangkuman langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari tertular flu di lingkungan kerja, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon